Enjoy with Line Glow

Pada tutorial kali ini saya akan mencoba membagikan salah satu portfolio saya yang berjudul Enjoy with Line Glow. Pada tutorial ini ada beberapa hal yang dapat dipelajari seperti bagaimana membuat efek tarikan garis dengan halus, bagaimana membuat efek tiga dimensi, dan yang paling utama adalah bagaimana membuat efek glow, atau cahaya yang berpendar.

Setelah mengikuti tutorial ini anda akan menghasilkan satu lagi portfolio seperti dibawah ini. Anda tentu saja dapat menggunakan resource lain untuk membuat efek seperti ini.

Okay, langsung saja kita akan membuat tutorial ini. Buat dokumen baru File > New, Width 800pixels dan Height 500pixels. (RGB Color mode), background hitam #000000, kemudian klik OK.

Buka file objek yang akan digunakan.

Selajutnya, pindahkan gambar objek model ini ke layer utama. Klik(tahan) and drag ke layer dokumen utama kemudian lepaskan.

Langkah selanjutnya, untuk membuat line glow’nya, buat layer baru (Ctrl + Shift + N), Oh iya, sebelumnya setting dulu Brush Tool‘nya, ubah besar brushnya menjadi 2-3px, set foreground color menjadi putih #ffffff dan Opacity menjadi 100%. Kemudian aktifkan Pen Tool (P). Mulai membuat garis lengkung sesuai dengan bentuk objek, Anda bisa melihat contoh pada gambar dibawah ini.

Okay, setelah membentuk garis atau lengkung yang diinginkan, klik kanan kemudian pilih Stroke Path.

Kemudian pilih mode Brush dan klik OK.

dan hasilnya seperti ini.

Selanjutnya, masuk ke Layer Style atau double klik pada panel layernya, kemudian akan muncul form layer style. Select Outer Glow.

hasil dari effect Outer Glow. Jangan lupa hapus bagian line glow yang tidak digunakan untuk memberikan kesan melingkar pada bagian kaki sehingga Anda hasilnya seperti ini.

Yup.. Anda telah berhasil membuat line glow. Okay sekarang Anda bisa mengulangi langkah-langkah sebelumnya untuk membuat beberapa line glow yang lain. Kreasikan line glow yang Anda buat untuk mendapatkan kesan menarik.


Pen Tool masih dalam keadaan aktif, klik kanan kemudian pilih Delete Path untuk menghilangkan Path yang kita buat.


Kemudian hapus bagian line yang tidak digunakan untuk mendapatkan kesan melingkar pada kaki, dan jangan lupa untuk memberikan effect Outer Glow pada line tersebut.


Aktifkan Brush Tool (B), kemudian klik bagian panel Brushes disebelah kanan.

Kemudian aktifkan Shape Dynamics, Scattering dan Smoothing yang terdapat pada Brush Tip Shape.


Ok, buat layer baru (Ctrl + Shift + N) *pastikan bahwa layer ini berada paling atas.. , kemudian atur besar kecil Master Diameter Brush Tool menjadi 3px.

Sapukan pada sekita line glow yang sudah Anda buat. *Anda dapat berkreasi dengan Brush Tool ini..

Kemudian buat efek shadow pada bagian objek kaki. Klik layer objek kaki dengan cara pencet Ctrl(tahan) + klik pada layer kaki, dan secara otomatis objek kaki tersebut akan otomatis terseleksi..

Kemudian buatlah layer baru (Ctrl + Shift + N), aktifkan Paint Bucket Tool (G), kemudian ubah warna Background menjadi hitam #000000, dan klik didalam seleksi yang sudah kita buat tadi.

Masuk ke Filter > Blur > Gaussian Blur. Aktifkan Preview dan ubah Radius menjadi 5.0 kemudian klik OK.

Pastikan bahwa layer “kaki shadow” yang kita buat tadi berada di bawah layer “kaki”. Jangan lupa ubah Opacitynya menjadi 50-65%.

Buatlah layer baru (Ctrl + Shift + N), posisikan layer berada di bawah layer “kaki”, kemudian aktifkan Brush Tool (B), kemudian ubah warna foreground menjadi hitam #000000. Atur Opacity menjadi 50%, dan Master Diameter menjadi 60px. Sapukan pada bagian bawah kaki untuk mendapatkan efek shadow.

Okay! sekarang kita akan membuat background. Buatlah layer baru (Ctrl + Shift + N), aatifkan Rectangular Marquee Tool (M), kemudian buat kotak persegi panjang, kemudian beri warna putih pada seleksi tersebut.

Kemdian ubah Blending Mode dari Normal menjadi Soft Light, Opacity 50-55%.

Pastikan juga bahwa layer “kotak background” berada diatas layer “background” dan “hitam & ungu”.

Kemudian Duplicate layer “kotak background” tersebut (Ctrl + J) hingga menghasilkan banyak kotak background hasil dari duplicate tersebut. Kemudian posisikan sesuai dengan kreasi Anda. Sehingga hasilnya seperti ini.

Okay, selanjutnya membuat efek glow. Buat layer baru (Ctrl + Shift + N), beri nama “glow”. Kemudian aktifkan Brush Tool (B), ubah warna foreground menjadi putih #ffffff. Ubah Opacity menjadi 50%, dan Master Diameter menjadi 65px. Sapukan pada bagian sekeliling/sekitar kaki. *Pastikan layer glow ini berada di atas layer “kotak background” yang sudah kita buat tadi.

Yap, sekarang ubah Blending Mode layer glow ini dari mode Normal menjadi Overlay.

Kemudian Anda bisa menambahkan text dan layer untuk Banner, Text Button, Content, dan Footer.

Enjoy Guys.. ^_^

5 komentar:

  1. finger_jajek@yahoo.co.id25 Maret 2011 pukul 07.42

    kren bgt..... tanks bro... tutorialnya bermanfaat bgt buat seorang anak manusia seperti ku yang lagi belajar photoshop.... maturnuwun

    BalasHapus
  2. wah ini jadi pengalaman pertama ane ngedit poto mas bro...
    terima kasih banyak,maturnuwun,thank you,xie xie,Danke,gratias....

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus